Workshop Teknokrat Hadirkan Profesor Rusia

Harianekspres.com – Sebanyak 20 dosen Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia mengikuti pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional di kampus setempat, Selasa (31/1/2017).

Pemateri ialah profesor linguistik dari berkebangsaan Rusia, Anton Y. Kurmelev dari University of Nizhny Novgorod Russia.
Pelatihan bertema Publish or Perish or How to Stop Worrying and Start Writing. Dalam kegiatan itu, dosen mendapat materi tentang kiat menulis ilmiah agar dapat dimuat di jurnal ternama.
Menurut Anton, salah satu kriteria artikel dapat dimuat di jurnal internasional adalah isu yang dibahas menjadi minat masyarakat internasional. Di bidang ilmu tertentu, terdapat banyak jurnal ilmiah. Anton menegaskan yang harus diperhatikan dalam publikasi artikel adalah pilihan jurnal yang sesuai dengan topik.
Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Nasrullah Yusuf mengatakan kegiatan tersebut untuk merangsang dosen menulis hingga memublikasi artikel ilmiah di jurnal terindeks SCOPUS dan ISI Thompson Reuters.

“Menjadi keharusan, dosen aktif menulis dan memublikasikan penelitiannya sebagai sumbangsih bagi kemajuan ilmu pengetahuan,” kata Nasrullah.
Kegiatan tersebut menargetkan peningkatan kuantitas penerbitan artikel ilmiah dosen di jurnal internasional. Hal tersebut juga merupakan upaya mengembangkan jaringan informasi dan komunikasi dosen dalam penelitian.

Anton Y. Kurmelev merupakan tim dari Universitas Padjadjaran (Unpad) yang mengadakan kunjungan kerja sama dengan Universitas Teknokrat Indonesia. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari kerjasama yang dilaksanakan hingga 3 Februari 2017. – Editor Abi

Related Post

Leave a reply