Jalan Poros Desa Kunjir Ambles Akibat Abrasi

Share

 

Pengendara sepeda motor melintasi jalan poros milik provinsi di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, yang ambles akibat abrasi pantai, Selasa (7/2/2017). Amblesnya jalan penghubung antarkecamatan itu hingga kini belum diperbaiki.

Harianekspres.com – KALIANDA — Lantaran mengalami abrasi pantai di pesisir selatan, Jalan Poros milik Provinsi Lampung, di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, ambles. Akibatnya, pengendara yang melintasi jalan penghubung antarkecamatan tersebut harus ekstrahati-hati.

Yamin (37), warga Desa Kunjir, mengatakan jalan poros yang rusakan akibat abrasi pantai itu mengalami ambles hingga 1 meter dari bibir pantai. Dengan kondisi itu, pengguna jalan yang melintas harus ekstrahati-hati guna menghindari kecelakaan lalu lintas.”Amblesnya jalan itu, saat pas laut pasang dan gelombang besar lalu menghantam jalan. Lantaran pengguna jalan yang melintas jalan ini cukup ramai dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saya bersama rekan-rekan berinisiatif untuk memasang plang dan potongan kayu di sekitar lubang itu,” ujarnya saat ditemui tidak
jauh lokasi jalan ambles itu, Selasa (7/2/2017).

Dia mengatakan, warga setempat lebih khawatir saat laut pasang dan menghantam dinding rumah mereka tepat di bibir pantai. Untuk itu, warga setempat berharap ada perbaikan jalan dan pembangunan penangkis gelombang laut dari pemerintah.

“Terkadang kalau ombak besar air laut masuk kerumah warga. Kami harap jalan itu segera diperbaiki, Mas. Apalagi, di lokasi itu tidak ada lampu penerang jalan. Jelas membahayakan pengguna jalan,” katanya.

Hal senada diungkapkan Wawan (24), warga Desa Kunjir lainnya. Dia mengatakan amblesnya jalan itu murni akibat faktor alam. Untuk itu, warga setempat berharap amblasnya jalan itu segera ditindak lanjuti dengan perbaikan. “Kalau enggak salah kerusakan jalan itu sudah pernah ditinjau oleh pemerintah. Katanya sih tahun ini akan diperbaiki. Tapi,
kepastiannya saya kurang tahu,” kata dia.

Sementara itu, Camat Rajabasa Sabilal mengatakan amblesnya jalan antara Kecamatan Kalianda dan Rajabasa itu karena abrasi pantai. Namun, pihaknya telah mengajukan perbaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lamsel dan Provinsi.”Sudah saya cek semua, ada tiga titik di tiga desa yang kondisi jalannya rusak berat akibat abrasi pantai. Yang jelas, kami sudah mengajukan perbaikan. Tapi, untuk realisasinya saya kurang tahu,” kata Sabilal tanpa menyebutkan ketiga desa tersebut. Editor(CindyIryani)


Share

Related Post

Leave a reply