Ini strategi penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal

Share

 

 

ilustrasi

Harianekspres.com – Jawa Tengah Kemiskinan memang menjadi masalah di semua daerah. Sebab itu setiap daerah memiliki instrumen sendiri untuk menaggulangi kemiskinan dengan berbagai cara.

Di Kota Tegal, terdapat dua instrumen utama yang diharapkan bisa membantu kelompok masyarakat miskin keluar dari kemiskinan. Sekaligus menjauhkan kelompok masyarakat rentan miskin agar menjadi lebih sejahtera.

Kabid Pembangunan Masyarakat dan Sosial Budaya Bappeda Kota Tegal, Rita Marliana Wati mengatakan dua strategi tersebut akan dilakukan pada tahun ini. “Instrumen pertama dari strategi penanggulangan kemiskinan yang akan di lakukan oleh Pemkot Tegal di tahun 2017 ini adalah Perlindungan Sosial (Social Protection) yaitu merupakan sistem untuk mengamankan kelompok masyarakat miskin dan rentan dari dampak goncangan perekonomian dan perubahan kebijakan, disamping untuk mengangkat status kesejahteraan mereka,” ujarnya, Jumat (10/2).

Sedang instrumen kedua yakni mata pencaharian berkelanjutan (Sustainable Livehood) yaitu sistem untuk menjamin ketersediaan dan keberlanjutan kerja bagi kelompok penduduk tersebut. Untuk mengkoordinasikan kedua instrumen utama itu, Pemkot Tegal telah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Tegal (TKPK).

“TKPK dibentuk atas dasar SK Walikota Tegal Nomor 050/043.D/2015 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Tegal. Untuk keanggotaannya terdiri dari unsur pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha dan pemangku kepentingan lainnya dalam penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal,” pungkasnya.Editor – Windy


Share

Related Post

Leave a reply