Ini 5 Cara Mengatur Keuangan dengan Baik

Share

 

Ilustrasi

Harianekspres.com – Apakah Anda termasuk orang yang masih bingung cara mengatur keuangan yang baik? Bila merasa demikian, Anda tidak sendiri karena cukup banyak orang yang mengalaminya. Hal ini biasanya ditandai dengan
kebingungan mengenai ke mana saja uang tersebut dibelanjakan, lalu timbulnya kesulitan keuangan pada akhir bulan, dan juga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan.

Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan, namun mungkin belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya

Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Anda mungkin berpikir bahwa masalah utama adalah kecilnya penghasilan yang didapat, dan seandainya penghasilan yang dimiliki jauh lebih besar dari sekarang maka tuntas pula masalah keuangan Anda. Padahal kenyataannya tidak demikian, sering kali masalah keuangan timbul dari cara pengaturan yang salah dan bukan dari besar kecilnya penghasilan.

Cara pikir untuk menunggu hingga mempunyai penghasilan besar sangat merugikan karena membuat Anda terus menunda untuk mulai mengatur keuangan dengan baik. Ingatlah bahwa besar kecilnya uang sangat relatif. Bisa saja penghasilan meningkat pesat tapi pengeluaran juga meningkat jauh karena adanya keinginan untuk meningkatkan gaya hidup secara drastis.

Untuk itu, kembali pada prinsip bahwa pengaturan keuanganlah yang memegang peran penting dan untuk membantu Anda agar mengetahui cara mengatur keuangan yang baik, berikut tips yang dapat diterapkan:

Perkirakan pemasukan dalam sebulanHitunglah berapa perkiraan total penghasilan dalam sebulan. Lebih baik lagi bila dapat memperkirakan dengan pasti karena akan memudahkan dalam merencanakan keuangan. Pengeluaran tentu bergantung juga dari seberapa besar dana yang dimiliki, sehingga mengetahui pemasukan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan.

Catat pengeluaran dalam sebulanCatat dengan lengkap dan detail mengenai pos pengeluaran besarannya dalam satu bulan. Urutkan dari pengeluaran yang menjadi kebutuhan pokok, sehingga Anda dapat memastikan bahwa kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Mencatat pengeluaran berguna agar Anda dapat mengetahui seberapa dana yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti investasi.

Tentukan porsi untuk menabung, pengeluaran dan kegiatan lainnyaHal ini sangat penting agar Anda dapat mengimbangi antara kebutuhan saat ini dengan perencanaan masa depan yang ditampung dengan tabungan. Sebaiknya Anda dapat menabung sebesar 30% dari penghasilan. Idealnya, dana untuk ditabung ini harus disisihkan di awal, baru sisa dana bisa gunakan untuk memenuhi pengeluaran Anda.

Sebisa mungkin hindari utangUtang akan membuat Anda terlena dan merasa dapat memenuhi pengeluaran lain. Padahal utang merupakan kewajiban yang tetap harus dibayar di masa yang akan datang. Selain itu, utang juga mengenakan bunga sehingga sebenarnya tidak menguntungkan bagi keuangan Anda. Apalagi ada risiko keterlambatan pembayaran yang mengakibatkan bunga semakin tinggi.

Jangan sampai Anda terjerat utang dan penghasilan banyak digunakan untuk membayar cicilan saja. Utang yang harus dihindari terutama adalah utang konsumtif seperti utang kartu kredit. Sementara bila Anda ingin mengambil utang rumah atau kendaraan, maka pastikan memilih kredit dengan bunga yang paling kompetitif dan juga cicilan yang sesuai dengan kemampuan.

Lakukan investasiInvestasi berguna agar dana Anda dapat berkembang dan melebihi nilai inflasi. Saat ini cukup banyak produk investasi, mulai dari properti, reksa dana, hingga saham. Pelajari dan pilihlah produk yang memang sesuai dengan kondisi keuangan dan karakter Anda. Editor(Cindy Iryani)


Share

Related Post

Leave a reply