Dengan kuah dipenuhi rempah, Soto Batok Temanggung wajib dicoba

Share

 “Dari sekian macam olahan makanan khas Temanggung, inilah olahan dengan kesan unik, yang disajikan menggunakan tempurung kelapa.”

Soto Batok Temanggung.

Harianekspres.com – Jika ingin mencari daerah sejuk, nyaman sekaligus eksotis, Kabupaten Temanggung tempatnya. Kurang eksotis apa, letaknya saja berada di antara kaki Gunung Sindoro dan Sumbing. Benar-benar luar biasa. Tapi menjadi sangat kurang ketika Anda berkunjung, jika tidak mencicipi kuliner khas daerah ini.

Ya, lidah Anda harus merasakan sedapnya Soto Batok Temanggung. Dari sekian macam olahan makanan khas Temanggung, inilah olahan dengan kesan unik, yang disajikan menggunakan tempurung kelapa.

Untuk dapat mencicipi rasa unik masakan ini, kita bisa mampir sejenak di sebuah warung makan milik Faturohman (27), salah satunya yang terletak di Jalan Kartini Nomor 32 Kecamatan Temanggung.

Menurut Fatur, begitu ia akrab disapa, citarasa Soto Batok sejatinya hampir sama dengan olahan soto pada umumnya. Hanya saja, penempatannya dalam tempurung kelapa sanggup memberikan citarasa sedap baru dengan tambahan kesan unik.

Ia menceritakan, awal mula ide mengkreasi makanan berupa Soto Batok ini tercetus saat dirinya melihat banyaknya tempurung kelapa jenis gading yang tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Atas dasar itulah ia mencoba mengkombinasikan antara masakan soto dengan kerajinan UMKM lokal berupa mangkuk berbahan tempurung kelapa. “Melihat peluang itu saja mencoba menggabungkan keduanya menjadi sebuah makanan khas Temanggung, yaitu Soto Batok,” katanya.

Yang membuat soto ini menjadi lebih istimewa, imbuhnya, kuah yang digunakan terasa lebih legit di lidah karena diracik menggunakan bebagai bahan rempah sehingga aroma dan rasanya sangat kuat.

Ditambah dengan irisan kubis, ayam kampung sebagai isi, ia menjamin soto buatannya tidak menimbulkan efek rasa amis. Cita rasanya juga semakin khas karena disajikan lengkap dengan kerupuk karak, makanan ringan nan renyah berbahan dasar nasi khas Temanggung.

Untuk dapat menyantap keunikan serta kenikmatan rasa Soto Batok, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya Rp 5.000 untuk setiap porsinya. “Rata rata dalam sehari bisa tiga ratus porsi terjual. Pelanggan tetap saya mulai pelajar sampai pegawai,” imbuhnya.

Arinda (19), salah seorang pengunjung mengakui bahwa citarasa Soto Batok sangat berbeda dengan soto lain yang pernah ia cicipi. Terlebih, wadahnya boleh dibilang tidak biasa. Yakni mangkuk batok kelapa sehingga menambah aroma yang sangat unik.

“Harganya juga murah. Pasti ketagihan kalau sudah mencoba sekali saja,” akunya.Editor – Windy

(I)

Share

Related Post

Leave a reply