Nasi Timbel Ayam Bakar, Enak Tenan

230 views

Harianekspres.com – Masakan nasi sangat bervariasi. Namun, mungkin Anda hanya tahu masakan nasi yang umum saja, seperti nasi putih, nasi goreng, nasi liwet, nasi bakar, dan nasi kuning.

Selain itu, apakah Anda juga mengenal resep nasi lainnya? Nasi timbel misalnya. Salah satu jenis nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini adalah nasi pulen yang terbuat dari beras merah campuran. Makanan khas Jawa Barat ini memiliki cita rasa sangat enak karena disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti ayam bakar, lalapan, dan sambal.

Anda dapat menikmati sajian nasi timbel dan ayam bakar spesial di Rumah Makan (RM) Tahu Sumedang, jalan lintas Sumatera, Desa Wates, Lampung Tengah. Makanan ini sangat pas bagi keluarga yang melakukan perjalanan jauh.

Dengan lahan parkir luas dan letaknya di tepi jalan utama yang menghubungkan Bandar Lampung dan Lampung Tengah serta kabupaten lainnya, bisa menjadi rest area pilihan, beristirahat sambil menikmati beragam sajian kuliner yang nikmatnya tidak asing bagi pecinta kuliner.

Di tempat itu juga, pramusaji akan menawarkan oleh-oleh, yaitu paket tahu Sumedang yang rasanya juga khas, gurih dan berasa nikmat di lidah. Paket tahu Sumedang itu bervariasi, mulai dari paket Rp30 ribu hingga Rp50 ribu.

Ayam bakar olahan Sulaeman alias Sule sangat lembut dan lezat. Cita rasa manis dan pedas begitu pas di lidah. Nasi timbel yang dibungkus daun pisang plus ayam bakar yang lembut, ditambah sayur asam dan sambal goreng berikut lalapan segar, sungguh sajian yang menggugah selera makan. Terlebih bagi pelintas yang memang belum sempat sarapan dari rumah. Suasana rumah makan yang asri dan luas, serta mudah mengawasi kendaraan yang diparkir, membuat pengunjung makin nyaman berlama-lama di restoran ini.

Bumbu Tradisional

Menurut Sule, ayam dan bebek bakar spesial diolah menggunakan bumbu tradisional. Ayam yang disajikan pun khusus ayam potong pejantan yang usianya lebih dari dua bulan. Satu paket lengkap, yang terdiri dari satu nasi timbel, satu potong ayam atau bebek bakar, satu mangkuk sayur asam, sambal goreng, dilengkapi ikan asing yang garing dan gurih, serta lalapan yang harganya sangat terjangkau, hanya Rp35 ribu per paket, sudah termasuk teh botol.

Bumbu ayam dan bebek bakar spesial RM Sumedang diracik sendiri oleh Sule. Cara memasaknya pun tidak terlalu ribet, tetapi nikmatnya enak tenan.

Adapun bumbu ayam bakar khas RM Tahu Sumedang untuk 10 ekor ayam, antara lain bawang merah dan bawang putih masing-masing 1 ons, kemiri 1 ons, ketumbar 2 sendok teh, merica, garam, penyedap rasa, serta kecap manis. Cara meraciknya, siapkan bawang merah dan bawang putih masing masing 1 ons, kemiri, dan lima lembar daun salam.

Haluskan bumbu tersebut (bisa menggunakan blender). Kemudian bumbu ditumis selama beberapa menit sampai tercium aroma sedap dan bumbu berwarna kekuningan. Setelah itu masukkan air ke pengorengan hingga mendidih, baru masukkan daging ayam hingga bumbu meresap. Setelah ayam dan bebek siap dipanggang, taburi lagi dengan bumbu yang sama juga kecap sampai aromanya tercium. Selamat mencoba. – Editor Abi 

Related Post