Bupati Pesawaran Beserta Wakil Hadiri Pencanangan BBGRM

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan wakil Bupati Pesawaran Eriawan bersama iring-iringan penyambutan (foto Kie)

HARIANEKSPRES.com, PESAWARAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona beserta wakil Bupatu Eriawan, menghadiri acara Pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tingkat kabupaten Pesawaran dan penilaian dan pelaksanaan tingkat provinsi Lampung tahun 2018, yang dilaksanakan di Desa Paguyuban Kecamatan Way Lima.ketua tim BBGRM Yuda Setiawan, serta Kasatker Kabupaten Pesawaran.
Selasa, (10/4/18).

Dalam sambutannya Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan,Gotong royong masyarakat merupakan intisari dari Pancasila, karena itu tanggung jawab untuk membangun bangsa kedepan harus dilakukan dengan musyawarah. Kekuatan rakyat Indonesia ini adalah gotong royong. Gotong royong bukan hanya jiwa bangsa tapi juga sekaligus modal sosial dalam menghadapi masa depan yang semakin kompleks.”Untuk itu, gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan, sebatas kata-kata atau bahkan jargon saja melainkan harus diaktualisasikan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata.”Ujarnya.

Lebih lanjut Mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung ini, menjelaskan, Memang tidak mudah untuk menjalankan semangat gotong royong di tengah-tengah kecenderungan berkehidupan sekarang, yang sekarang yang makin individualistis, dan cenderung kompetitif, dan masih banyak dari kita yang menyukai kerja sendiri-sendiri dibandingkan bekerja bersama-sama. Ego daerah, ego sektoral lebih menonjol dibandingkan sinergi dan kerjasama”bulan bhakti gotong royong merupakan momentum kita bersama untuk mengingatkan kita semua tentang arti penting gotong royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. Kita perlu menanamkan semangat gotong royong kepada anak-anak kita, kepada generasi muda kita, sebab merekalah pemuka masa depan bangsa ini.
Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita. generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja. Itulah sebabnya semangat gotong royong harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik yang nyata dan bukan sekedar wacana”.katanya

Dirinya berharap, dengan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ini, kita semakin menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam merenda hari esok yang lebih baik melalui pembangunan di segala aspek kehidupan, sekaligus menggugah kembali kesadaran kita akan pentingnya nilai-nilai kegotongroyongan. Saya juga berharap agar berbagai program pembangunan Pemerintah dan masyarakat baik ditingkat kabupaten, kecamatan maupun desa dapat terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan maksimal dari berbagai elemen masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan”Saya merasa bangga dengan adanya masyarakat desa di Kabupaten Pesawaran ini yang masih memelihara tradisi bergotong royong membangun desanya secara mandiri. Saya mengharapkan di tahun-tahun yang akan datang kegiatan gotong royong akan lebih baik dan lebih semangat lagi, sehingga akan ada desa sebagai pelaksana BBGRM terbaik di Kabupaten, terbaik tingkat Provinsi bahkan ditingkat Nasional.
Semangat bergotong royong merupakan warisan nenek moyang bangsa kita yang seharusnya kita pelihara dan kita lestarikan dengan baik, karena tradisi seperti ini sangat positif untuk mendukung pembangunan khususnya di Kabupaten Pesawaran Bumi Andan Jejama yang kita cintai”pungkasnya.

Sementara itu, ketua Tim penilai BBGRM dari Prov.Lampung Yuda Setiawan,menjelaskan,Gotong royong ini adalah ciri khas daerah indonesia tidak ditemukan di negara lain. sdh banyak negara di luar sana yg belajar di indonesai salah satu nya yg sukses dan di implementasikan/di adopsi dan dilaksanakn negaranya yaitu negara korea.”banyak yg belajar ada yg bisa mengimplementasikan ttp tdk bisa mengadopsi ke negara2 nya. Ada juga itu jado negara luar itu tdk ada yg nama nya gotong royong”katanga

Ditambahkannya, diharapakan masyarakt senantisa ciptakan suasan yg sejuk,”Pilkada gubernur betul- bisa berjalan dgn aman tertib dan lancar di harapkan peran aktif untuk juga pemkab pesawaran”tutupnya.(HE. Kie)

Related Post